peran media sosial dalam digital marketing(19)Tahap2

 

Peran Media Sosial dalam Strategi Digital Marketing


Pada dasarnya digital marketing merupakan kegiatan pemasaran yang menggunakan media digital dengan menggunakan internet yang memanfaatkan media berupa web, sosial media, e-mail, , mobile/wireles dan digital tv guna meningkatkan target konsumen dan untuk mengetahui profil, perilaku, nilai produk, serta loyalitas para pelanggan atau target konsumen dalam mencapai tujuan pemasaran.
  1. Website merupakan web yang halamannya selalu update, biasanya terdapat halam backend (halaman administrator) yang dilakukan untuk menambah atau mengubah konten.
  2. Blog merupakan salah satu aplikasi yang berisikan dokumen-dokumen multimedia (teks, gambar, animasi, video) yang didalamnya menggunakan HTTP (Hypertext transfer Protocol) dan untuk mengaksesnya menggunakan perangkat lunak yang disebut sebagai browser.
  3. Email Marketing, e-marketing adalah pemasaran secara online baik melalui situs web, iklan online, opt-in email, kios interaktif, TV interaktif atau mobile untuk membuat hubungan yang jauh lebih dekat dengan pelanggan, memahami mereka dan memelihara interaksi dengan mereka.

Strategi digital marketing dengan menggunakan sosial media merupakan strategi yang penting dalam meningkatkan brand awareness. Karena sosial media merupakan bagian dari gaya hidup sebagian besar masyarakat pada masa kini. Sosial media telah digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia dalam melakukan interaksi dan komunikasi dengan satu sama lain tanpa batasan-batasan apapun. Hal tersebut memberikan manfaat sosial media dalam strategi digital marketing sebagai berikut:

1. Sosial media membantu menjalin hubungan antara produsen dengan konsumen dengan media internet.


2. Pemanfaatan sosial media dalam digital marketing akan membantu meningkatkan penjualan brand.


3. Dengan menggunakan media sosial sebagai pemasaran, akan membantu brand dalam menghemat pengeluaran.


4.  Pelanggan dapat mengakses informasi mengenai brand tersebut tanpa batasan-batasan apapun.


5. Penggunaan mobile sangat mempermudah konsumen terhubung dengan produsen.


6. Sosial media membantu brand menghasilkan pendapatan yang lebih tinggi.


Dalam perkembangannya, sebuah bisnis akan mengaitkan sosial media sebagai salah satu alat yang paling efektif untuk berpromosi. Media sosial marketing memiliki peran paling penting di era digital sekarang ini, selain mudah digunakan, biaya yang dibutuhkan oleh pelaku bisnis sangat murah.

Kelebihan dan Kekurangan Pemasaran Media Sosial

Keunggulan dan kekurangan pemasaran melalui media sosial adalah sebagai berikut :

Kelebihan Pemasaran Melalui Sosial Media

1. Dapat Digunakan Secara Gratis

Pemasaran menggunakan sosial media tentu saja dapat dilakukan secara gratis, Anda hanya perlu posting-posting konten yang sekiranya mampu menarik calon konsumen tertarget. Untuk mendapat hasil yang lebih baik Anda dapat memposting konten ke grup-grup yang relevan dengan produk Anda.

2. Efektif Untuk Menjalin Hubungan dengan Konsumen

Media sosial sebagai media promosi mempunyai nilai plus dibandingkan media promosi yang lainnya. Dengan menggunakan media sosial para pelaku bisni bisa dengan mudah menjalin interaksi dengan para konsumen. Anda sebagai pelaku bisni bisa langsung mengetahui apa yang dikeluhkan pelanggan dan juga bisa mengevaluasi kekurangan untuk diperbaiki lagi.

3. Menjangkau Banyak Orang

Media sosial sebagai media promosi dapat menjangkau banyak orang, ya bagaimana tidak? hampir semua orang didunia ini menggunakan media sosial, hal ini memungkinkan para pelaku bisnis dapat menjangkau calon konsumen sesuai target yang telah ditentukan.

Kekurangan Pemasaran Menggunakan Sosial Media

1. Kurangnya Kepercayaan dari Pelanggan

Pemasaran menggunakan media sosial memang sangat mudah untuk menjangkau calon konsumen, namun karena antara pembisnis dan calon konsumen tidak bertemu langsung hal itu menjadikan kurangnya kepercayaan dari calon pelanggan tersebut.

Tidak sedikit kasus penipuan melalui media sosial itulah yang menjadi faktor kurangnya kepercayaan para calon konsumen untuk bertransaksi melalui media sosial.

2. Persaingan Cukup Ketat

Sebagian besar pelaku usaha memanfaatkan media sosial sebagai media pemasaran, karena aksesnya yang mudah dan biaya yang terjangkau. Dengan begitu pemanfaatan sosial sebagai media pemasaran sangatlah banyak sehingga terjadi persaingan yang sangat ketat antara pelaku usaha.

Komentar

Postingan Populer